Breaking News

Alumni Kafalah Huffazh Menerima Penghargaan Hadits Shahihain di Arab Saudi

Ust. Atsal Taufiqie Nandito al-hafizh yang menerima nilai tertinggi dalam dauroh menghafal Jami Shahihain di Arab Saudi adalah alumni Program Kafalah Hufazh Yayasan An-Nubala Karanganyar. Beliau mengikuti program ini ketika menimba ilmu di Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi.

Selama 6 tahun nyantri di PPI Salman Al-Farisi, Ust. Atsal mendapat beasiswa penuh hingga lulus. Mekanisme pembiayaan beasiswa ini disebut Program Kafalah Huffazh.

Saat masih menjadi santri, Ust. Atsal selalu mendapat prestasi tertinggi. Pada tahun ke 5 beliau atas izin Allah telah menghafal Al-Quran mutqin dengan nilai Jayid Jidan (skor 80-90) dan telah menghafal lebih dari seribu hadits. Waktu itu hafalan beliau pernah diujikan dihadapan Syeikh Rasyid Ash-Shabahi dan Syeikh Ibrahim.

Atsal Taufiqie Nandito lahir di Probolinggo 17 Juli 2000. Ayahnya bernama Irvan Suhardianto tinggal di Probolinggo Jawa Timur. Hafalan Qurannya dikhatamkan sekaligus diujikan pada Jumat 18 Mei 2018 bertepatan dengan 2 Ramadhan 1439 H.

Menjadi wisudawan terbaik di PPI Salman Al-Farisi pada tahun 2018. Selanjutnya Ust. Atsal berkhidmat sebagai pengajar Al-Quran pesantren almamternya.

Pada tahun yang sama, Ust. Atsal terpilih mengikuti daurah menghafal Jami Shahihain yang diselenggarakan oleh Yayasan Hifzhu Shahihain dari Arab Saudi. Beliau menimba ilmu hadits di Islamic Center Wadi Mubarak Bogor.

Kemudian pada tahun 2019, beliau terpilih kembali mengikuti daurah hadits untuk menyelesaikan 4 jilid dari Kitab Jami Shahihaian. Dalam daurah tersebut beliau mendapat prestasi dan menerima hadiah umrah.

Kemudian pada akhir 2019 sampai Januari 2020, beliau mengikuti daurah kembali di Arab Saudi dan menyelesaikan seluruh kitab yang terdiri dari 6 jilid. Bahkan, Alhamdulillah beliau mendapat nilai tertinggi dari seluruh peserta dari berbagai negara.

Selama menempuh pendidikan di Pesantren, Ust. Atsal dibiayai oleh orang tua asuh. Insya Allah, orang tua asuh ini akan turut mendapatkan fadhilah atas jasanya pada Ust. Atsal dan umat sampai hari kiamat.

Sekilas Program Kafalah Hufazh

Program Kafalah Hufazh merupakan program pembiayaan orang tua asuh kepada santri-santri dhuafa penghafal Al-Quran di Ponpes Islam Salman Al-Farisi. Program ini dijembatani oleh Yayasan An-Nubala Karanganyar.

Para muhsinin dapat membiayai pendidikan para santri yang direkomendasikan oleh yayasan, mereka disebut Kafil (orang tua asuh). Kemudian yayasan akan memberikan laporan pendidikan secara berkala kepada kafil. Sehingga Kafil dapat mengetahui perkembangan anak asuhnya.

Menjadi Kafil merupakan suatu bentuk amal shalih jangka panjang. Sebab Kafil akan terus mendapatkan pahala dari ilmu dan amalan santri kafalah yang dia biayai.

Informasi lebih lengkap mengenai program Kafalah Hufazh dapat mengikuti tautan berikut:

Orang Tua Asuh

atau langsung menghubungi Ust. Suryo Edi via telp atau WA 0822-1160-0200

Check Also

Santriwati Pondok Pesantren Salman Al Farisi Raih Juara Ketiga di Musabaqah Hifdzil Qur’an Tingkat Nasional

Surakarta, 25 Agustus 2024 – Ainal Mardhiyah, santriwati tahun ke-6 dari Pondok Pesantren Salman Al …